• 13

    Sep

    Pinter dan bodoh

    Malam itu, sepulang dari tempat kerjanya, sebut saja Paijo terjaring sebuah razia polisi. Setelah memberikan salam, sang polisi seperti biasa menanyakan surat-surat kendaraan. Dengan tenang Paijo mengeluarkan dompet dari kantong celananya lantas mengambil STNK dan SIM miliknya. Namun tanpa sengaja ada foto istrinya yang ikut terbawa dilipatan surat kendaraan tersebut. Lalu terjadilah dialog keduanya. Polisi : “Foto siapa itu pak?” Paijo : “Ini foto istri saya, memang kenapa pak?” Polisi : “Wah…bapak pasti orang pinter, buktinya bapak bisa milih istri cantik begitu.” Paijo : (ke-GR-an)…”Aah…bapak bisa saja.” Polisi : “Tapi…..istri bapak kayaknya bukan orang pinter deh.” Paijo : “Eeh..jangan sembaranga
  • 11

    Aug

    Lo pikir aja sendiri...!

    Suatu sore selepas jam kantor, Paijo nampak asyik ngobrol dengan Paimin teman kantornya di area parkir motor. Paijo : “Aku kadang kesel kalo sudah deket mau lebaran gini.” Paimin : “Emang kenapa? kan THR udah cair.” Paijo : “Gimana gak kesel coba, tiga bulan lalu banyak yang berebut ngaku-ngaku jadi bosku, nyuruh-nyuruh sana sini. Giliran udah mau lebaran aja, mereka pada diam.” Paimin : “Teruuus maksud lo apa?” Paijo : “Lo pikir aja sendiri.” sambil ngeloyor pergi.
  • 8

    Jul

    Waspadai serangan fajar dan praktek pasca bayar

    Hari rabu tanggal 11 juli 2012 mendatang, warga Jakarta akan menyelenggarakan sebuah hajatan besar berupa pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Pada pemilukada Jakarta kali ini diikuti 6 pasang calon gubernur dan wakil gubernur. Empat pasangan melaui jalur partai sebagai kendaraan politiknya sementara dua pasang berasal dari jalur independen. Sebenarnya dengan banyaknya pilihan yang disodorkan kepada masyarakat menjadi kabar yang cukup menggembirakan karena hal ini mencerminkan bahwa demokrasi sudah berjalan kearah yang lebih baik. Setidaknya kita bisa memilih calon yang terbaik dari dari yang ada. Meski tentu saja hal ini tidak menjamin bahwa yang terpilih pada akhirnya adalah y ang terbaik. Mengapa demikian? Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa banyak kasus proses pemilukada yang
  • 7

    Jul

    Karena pulang pagi....

    Karena kesibukan dikantor yang meningkat pesat, sudah hampir dua bulan ini aku mesti pulang malam bahkan hingga pagi hari. Namun rupanya hal ini sempat menuai protes dari Zahra, putri sulungku. Banyak pertanyaan yang dilontarkannya. Apa yang dikerjainlah, emang gak bisa ditinggallah, apa gak capailah dan ujung-ujungnya apa gak kangen sama anak, katanya. Wajar sebenarnya pertanyaan ini terlontar dari mulut putriku. Karena harus ku akui, belakangan ini aku jarang sekali bercengkrama dengan kedua anakku. Bagaimana tidak, saat aku pulang, mereka sudah tertidur pulas, sementara saat mereka bangun giliran aku yang lagi dialam mimpi. Bahkan saat hari liburpun terkadang aku gunakan untuk memanjakan mataku. Ada perasaan sedih dan kasihan, ketika mendengar keluhannya sekaligus timbul rasa penasaran
  • 12

    Jun

    Kok hambar......?

    Kisah nyata ini terjadi beberapa tahun silam dikampung halamanku. Sebuah kampung yang letaknya berada diperbatasan antara Kab. Brebes dan Kab. Tegal. Cerita ini berawal saat seorang ibu mendengar cerita dari anak-anaknya bahwa ada bakso yang rasanya enak banget. Selepas mendengar cerita ini, timbul rasa penasaran dari ibu ini dan dalam hatinya berniat ingin mencobanya. Beberapa hari kemudian sepulang dari pasar wajah ibu ini nampak kesal. Mulutnya terlihat berkomat-kamit seperti sedang menahan marah. Sambil membuka pintu rumahnya dia berteriak-teriak memanggil anaknya. Ibu : “Kamu sengaja ya membohongi ibu?” Anak : “Membohongi bagaiman maksud ibu?” Ibu : “Sudahlah kamu jangan-jangan pura nggak tahu.” Anak : “Betul ibu, saya nggak tahu maksud ib
  • 17

    Apr

    Pengamen, miras dan narkotik

    Hari minggu kemarin (15/04/2012) sekitar jam 8 pagi aku, istriku, kedua anakku dan keponakanku sudah berada diterminal Tanjung Priok. Rencananya kami mau pergi ke Cikarang untuk bersilaturrahim dengan ibu dan adikku menggunakan bis. Aku terpaksa memilih menggunakan bis, karena motorku sekarang sudah tidak muat lagi semenjak anak keduaku lahir. Bisa sebenarnya dipaksakan tapi aku sendiri takut karena bisa membahayakan keselamatan kami semua. Setelah menunggu kurang lebih setengah jam, bis yang kutunggu nongol juga. Penumpang yang sedari tadi menunggu berebut naik termasuk aku dan keluargaku. Rupanya bukan hanya penumpang yang berebut naik, para pedagang asongan juga ikut berebut untuk menawarkan dagangannya. Dari penjual minuman, makanan, mainan anak hingga buku juga ada. Tidak ketinggalan
  • 12

    Apr

    Dimanakah partai politik berada saat ada bencana..?

    Akhir maret kemarin ketika anggota DPR melakukan rapat paripurna membahas tentang rencana kenaikan BBM yang diajukan pemerintah, hampir semua partai politik yang ada berlomba lomba mengatakan bahwa partai mereka peduli dengan nasib rakyat. Dan dari berbagai statment yang dilontarkan, mereka (baca: partai politik) seolah memahami dan bisa merasakan betul apa yang dirasakan rakyat kecil. Pertanyaannya kemudian benarkah demikian? Benarkah yang mereka ucapkan? Tuluskah yang mereka kerjakan? Tidak ada maknanya jika hanya berkoar dimedia, tanpa ada aksi nyata buat membuktikan apa yang telah mereka ucapkan. Saat ini, saat rakyat yang ada didaerah Aceh dan sekitarnya terkena musibah dan membutuhkan uluran tangan, dimanakah gerangan partai politik berada? Kenapa mereka tak lagi berlomba-lomba meng
  • 11

    Apr

    Kenapa jam 15.38 wib...?

    Berdasarkan berita yang dirilis Kompas.com Rabu, 11/04/2012 telah terjadi gempa yang mengguncang Aceh dan sekitarnya. Gempa berkekuatan 8.5 SR ini terjadi pukul 15.38 wib. Kepastian jam ini didapatkan dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Mendengar berita ini, aku mencoba untuk mencerna. Kenapa terjadi pada pukul 15.38 wib? Kebetulankah atau memang ada maksud dari Allah SWT agar kita umat manusia mau membaca, berpikir, introspeksi diri serta mau memperbaiki diri jika memang faktanya kita telah berbuat maksiat. Menarik untuk disimak, seandainya jam kejadian gempa hari ini yakni 15.38 wib kita asumsikan sebuah petunjuk untuk menunjukan sebuah Surat dalam Alqur’an maka kita akan menemukan Surat Al Hijr ayat 38 yang artinya : 38. sampai hari (suatu) waktu yang
  • 27

    Mar

    Ikhlas dan Pencitraan itu beda tipis lho...

    Mencermati perkembangan politik belakangan ini terkait rencana pemerintah untuk menaikan harga BBM per 1 april 2012 ternyata membuat kepala ini menjadi pusing juga. Berbagai pemberitaan dimedia massa baik cetak maupun televisi sepertinya berlomba-lomba untuk menyajikan berita terkini. Dan hal ini ternyata dimanfaatkan betul oleh partai politik baik pendukung maupun penentang kebijakan pemerintah untuk membentuk opini masyarakat dan tentu saja opini yang digulirkan disesuaikan dengan keinginan dan kepentingan masing-masing partai politik tersebut. # Versi partai pendukung Bagi partai pendukung yang dimotori Partai Demokrat, opini yang dikembangkan adalah bahwa kebijakan yang diambil pemerintah untuk menaikkan harga BBM berkaitan dengan harga minyak dunia yang saat ini sedang mengalami kena
  • 17

    Mar

    Kesabaran pedagang sosis bakar

    Seperti bulan-bulan sebelumnya setiap tanggal muda, ada sekelompok pedagang keliling yang menggelar semacam pasar malam didekat rumah. Hari itu sepulang kerja aku lihat sudah banyak pedagang yang sibuk menggelar dagangannya. Ada pedagang baju, mainan anak, vcd bajakan dan tak ketinggalan pedagang makanan. Diantara pedagang-pedagang itu tampak seorang ibu yang sedang asyik membakar sosis dan bakso. Ya ibu itu adalah pedagang sosis dan bakso bakar. Sumber gambar Ada sekitar lima belas tusuk sosis dan bakso yang saat itu dibakar. Satu tusuknya dihargai seribu rupiah. Ibu ini sengaja membakar sosis dan bakso lansung banyak karena biasanya banyak anak-anak yang membeli dan kadang kurang sabar saat menunggu sosis atau bakso pesanannya selesai dibakar. Disamping itu juga untuk sedikit mengiri

Author

Follow Me

Search

Recent Post