Ketika Kembang Api Membawa Petaka

2 Jan 2013

Tampilan jam dilayar hpku menunjuk angka 23.50 wib, saat orang disekitar rumah sedang ramai-ramainya mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya tahun baru 2013. Bunyi terompet yang ditiup anak-anak bersahutan disana sini, disambung suara petasan yang menggelegar membelah lagit malam. Tidak ketinggalan cahaya kembang api semakin membuat meriah suasana malam tahun baru.

3fbefc827beeafdc442a3d20acf51262_20120101_kembang_api_tahun_baru_di_monas

Sumber Gambar

Namun siapa sangka suasana yang begitu meriah itu tiba-tiba berubah menjadi teriakan histeris dan penuh kepanikan. Bagaimana tidak, sebab salah satu kembang api yang dinyalakan seseorang jatuh tepat mengenai rumah salah satu tetanggaku yang kebetulan sedang kosong karena ditinggal penghuninya keluar kota dan langsung menyebabkan kebakaran.

d7b32139c200726b1f19b8c85ca33aac_isi-1-kebakaran-karet

Sumber Gambar

Pada awalnya kami semua tidak menyadari bahwa ada asap membubung yang keluar dari rumah tersebut. Kami mengira asap itu berasal dari kembang api dan petasan yang menyala. Baru ketika api membesar dan mengepulkan asap tebal kami semua tersentak dan tersadar.

Dengan peralatan seadanya kami semua berusaha mematikan api. Namun apa hendak dikata hembusan angin yang cukup kencang malam itu, membuat usaha kami semua seolah menjadi sia-sia. Api dengan cepat menyambar dan melahap atap bagian dapur. Beruntung mobil pemadam kebakaran yang dihubungi cepat sampai dan mengambil alih tugas pemadaman. Dibutuhkan tiga mobil pemadam untuk menjinakkan sijago merah.

Akibat kejadian itu hampir semua peralatan yang berada didapur hangus terbakar. Nilai kerugian dari kebakaran tersebut ditaksir berkisar puluhan juta rupiah.

Dan saat pemilik rumah tiba, dia hanya bisa menangis pasrah tanpa bisa berkata sepatah katapun.

***

Peristiwa seperti ini barangkali bukan baru sekali ini terjadi. Mungkin saja hal ini pernah terjadi juga disekitar anda. Sebab harus diakui terkadang hanya karena ingin membuat meriah suasana malam tahun baru, kita seenaknya saja menyalakan petasan dan kembang api pada kawasan yang padat penduduk tanpa mau berpikir bahwa yang dilakukannya bisa membahayakan keselamatan bukan saja dirinya tapi juga orang lain. Bahkan jika sampai terjadi seperti cerita diatas maka bisa menyebabkan kerugian bagi orang lain hingga puluhan juta rupiah.

Oleh karena itu, seharusnya kita bisa mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian tersebut. Jadikan momen tahun baru sebagai sarana untuk melakukan pembaruan pemikiran kita semua. Mari kita mulai dari diri kita sendiri untuk merubah pola pikir kita masing-masing agar tidak terjebak dalam sebuah pemikiran yang tidak memperdulikan keselamatan dan keamanan lingkungan khususnya saat merayakan malam tahun baru.

Semoga kejadian kebakaran dimalam penyambutan tahun baru tidak terjadi lagi, sehingga perayaan malam tahun baru bisa berkesan buat kita semua. Semoga….


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post