Pentingnya Kurikulum tentang Narkoba

20 Nov 2012

Narkoba saat ini sudah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi kita semua. Peredarannya berkembang begitu cepat dengan mengandalkan jaringan yang sangat profesional. Hal inilah yang membuat banyak kalangan menjadi ketar-ketir, karena sekarang narkoba seakan menjelma menjadi sosok angker dan jahat yang siap menelan siapapun. Entah itu orang dewasa, remaja bahkan sampai anak-anak. Sungguh suatu kenyataan yang membuat miris kita semua.

31359794443eb98d54eb4327b7a77628_say-no-to-drugs

Sumber gambar

Sebenarnya sudah banyak kampanye anti narkoba yang dilakukan pemerintah maupun LSM-LSM penggiat anti narkoba. Namun nyatanya masih saja ada korban yang jatuh akibat narkoba ini. Jargon ‘Say No to Drugs” seakan hanya menjadi sebuah slogan belaka. Terbukti masih banyak kasus penangkapan bandar narkoba yang dilakukan penegak hukum. Logikanya ketika masih banyak bandar narkoba itu artinya masih banyak pula para pemakainya. Sederhananya bandar ini adalah penjual, sementara pemakai adalah pembeli. Jika pembeli sudah tidak ada, maka bandar juga akan gulung tikar.

Berdasarkan logika tersebut, maka cara kita mulai memerangi narkoba adalah dengan memperkecil jumlah pemakainya. Khususnya dari kalangan remaja dan anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah. Disinilah peran pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional sangat dibutuhkan. Depdiknas diharapkan dapat memulainya dengan menerapkan kurikulum tentang narkoba dibarengi dengan peningkatan kurikulum agama dengan porsi yang lebih banyak lagi.

Dengan adanya kurikulum khusus tentang narkoba ini yang didalamnya antara lain berisi pengetahuan tentang narkoba dan segala jenis-jenisnya. Kemudian dibahas pula tentang bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh, lalu apa saja dampaknya jika kita mengkonsumsinya, dan jangan lupa kiat-kiat untuk menghindarinya. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak kita memiliki pengetahuan yang cukup, sehingga tidak perlu mencari informasi tentang narkoba dengan cara yang salah. Jika anak-anak kita sudah memiliki pengetahuan yang lengkap tentang narkoba maka diharapkan nantinya anak-anak kita memiliki bekal pondasi yang kuat untuk menangkal pengaruh hebatnya narkoba.

Namun demikian disamping pembekalan pengetahuan tentang narkoba disekolah, peranan orangtua dirumah juga tidak kalah pentingnya. Karena sebagai orangtua sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu memberikan pengawasan terhadap anak-anak kita. Terutama tentang pergaulannya diluar sekolah. Banyak kasus narkoba yang menimpa remaja dan anak-anak terjadi akibat pergaulannya setelah pulang sekolah. Disinilah perlunya kita mengetahui dengan siapa saja anak kita berteman dan bergaul sepulang sekolah. Dengan kita mengetahui teman-teman anak kita, maka akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan.

Disamping itu, kita juga harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman pada anak ketika mereka berada dirumah. Rasa aman dan nyaman ini mutlak diperlukan agar mereka kerasan dan betah tinggal dirumah. Sebisa mungkin kita ciptakan suasana rumah yang enak. Tidak harus kita menemani mereka seharian dirumah, jika memang kebetulan kita memiliki banyak aktifitas yang banyak menyita waktu, tetapi kita bisa menyiasati dengan sesering mungkin berkomunikasi dengan mereka lewat telpon misalnya atau bisa juga menggunakan social media yang sedang booming saat ini. Tetapi kalaupun cara itu juga belum bisa dilakukan, kita bisa memanfaatkan libur akhir pekan secara maksimal dengan berkumpul dan bercengkrama bersama seluruh keluarga sepuas-puasnya, sehingga terciptalah kedekatan hubungan antara orangtua dan anak.

Jika suasana ini terus dijaga secara berkesinambungan maka anak akan merasa diperhatikan dan merasa ada tempat untuk berbagi cerita yang memang diperlukan bagi perkembangan anak sehingga anak tidak mudah tergoda dengan pengaruh yang jelek termasuk narkoba didalamnya.

Dan apabila semua keluarga dinegeri ini bisa berbuat demikian maka keinginan bangsa ini untuk bisa terbebas dari jeratan narkoba akan menjadi kenyataan. Mari kita sama-sama berusaha dan berdo’a agar narkoba bisa lenyap dari muka bumi pertiwi. Semoga


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post